Mengenal Kopi dan Varietasnya

Bagi penggemar kopi tentunya sudah punya selera ketika memesan secangkir kopi di coffee shop ataupun di kedai kopi, namun peminat pemula kadang tidak bisa menentukan selera, karena yang tahun tentang kopi sebatas kopi itu pahit.


Nah kali ini kita akan coba mengenal kopi dan varietasnya yang beredar di dunia secara umum dan di Indonesia secara khusus.


Dalam istilah biologi, tanaman kopi masuk dalam family Rubiaceae dan diperkirakan ada 25 - 100 spesies kopi yang tersebar di seluruh dunia.


Dalam duni kopi, terdapat dua spesies yang populer yaitu Coffea Arabica dan Coffea Canephora (lebih dikenal dengan nama Robusta) ditambah dengan satu species yang tidak begitu terkenal yaitu Coffea Liberica yang secara hierarkis merupakan spesies tua dibandingkan dengan Arabika dan Robusta.

Coffea Arabica
Varieties: Bourbon, Typica, Caturra, Mundo Novo, Tico, San Ramon, Jamaican Blue Mountain

Coffea Arabica ditemukan pertama kali di Ethiopia lalu menyebar ke beberapa negara afrika dan amerika latin, ciri khas Arabica adalah mempunya biji dengan penampang datar, lebih lonjong dibandingkan dengan Robusta dan dengan kadar kafein yang lebih rendah, 70% produksi kopi di dunia adalah arabica, lokasi tanam arabika biasanya ada pada ketinggian 900mdpl - 1800 mdpl dalam suhu dingin.

Coffea canephora — C. canephora var. Robusta
Variety: Robusta

Robusta banyak tumbuh di Afrika bagian barat dan bagian tengah, juga sebagian di Asia Tenggara seperti di Indonesian dan Vietnam, serta di Brazil untuk amerika latin, dan untuk market dunia Robusta memenuhi 30% kebutuhan pasar. Ciri khas biji robusta lebih bulat dan kandungan kafein lebih tinggi dari Arabika.

Coffea Liberica
Variety : Liberica

Liberika banyak tumbuh di Afrika Bagian tengah dan barat, mulai dari Uganda, Liberia dan Angola namun juga ditemukan di Indonesia karena dibawa pada abad 19 untuk menggantikan tanaman Arabika yang terserang penyakit, untuk di Indonesia species ini ada yang dikenal dengan nama Excelsa.

Sumber gambar : gosocio.co.id, ncausa.org

Komentar

  1. Wahh dari aromanya aja sudah enak, apalagi rasa dari masing-masing varietasnya ya, pasti enak juga :) Saya penggemar kopi loh, tapi paling suka kopi Toraja (maaf belum ada dalam daftar diatas)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer