5 Cara Menikmati Kopi Robusta Temanggung, Kopi Unik dengan Rasa Mocha

Kopi Robusta Temanggung punya karateristik yang kuat dan unik, selain body-nya yang bold, Kopi Robusta Temanggung juga punya citarasa yang bercampur dengan aroma tembakau yang tak ditemukan pada jenis kopi lain di mana pun. Selain itu Kopi Robusta Temanggung juga memiliki aftertaste dark chocolate atau mocha, serta rasa caramelize brown sugar  di ujung. Maka tak heran jika Kopi Robusta Temanggung disukai oleh pasar dunia dan menjadi salah satu Kopi Robusta terbaik yang pernah ada.

Aroma mocha yang menguar saat biji Kopi Robusta Temanggung digiling, akan berubah menjadi rasa mocha yang cukup kentara saat diseduh dan disesap. Keunikan rasa ini membuat Kopi Robusta Temanggung sering menjadi pilihan seduh para pencinta kopi. Di bawah ini ada 5 cara penyeduhan Kopi Robusta Temanggung agar bisa diseruput dengan nikmat.
 
KOPI TUBRUK

Mungkin inilah metode seduh paling populer, karena memang kopi tubruk adalah metode seduh paling sederhana, tapi sekaligus termasuk metode seduh tersulit untuk menemukan konsistensi rasa.
Banyak variabel yang mempengaruhi konsistensi rasa sajian kopi, bisa dari kesegaran bubuk kopi yang digunakan, suhu air panas untuk menyeduh dan banyak lagi.

Dengan rasio 1:10 atau 1:12 Kopi Robusta Temanggung menjadi pilihan pas untuk disajikan dengan metode tubruk, kental, pekat, harum menjadikan kopi Robusta Temanggung amat nikmat. Anda bisa menambahkan kental manis, gula semut, atau pun pemanis lain seperti sirup aren dan gula singkong.

KOPI VIETNAM
Ini cara mudah menikmati Robusta Temanggung, Anda hanya perlu sebuah Vietnam Drip dan Susu Kental Manis untuk dapat mencicipi Kopi Robusta Temanggung. Metode ini mampu mengeluarkan rasa mocha pada Kopi Robusta Temanggung secara maksimal.

V60
Metode ini termasuk manual brew karena seluruh proses penyeduhan kopi dilakukan dengan tenaga atau tangan manusia. Teknik manual brew sendiri memiliki bermacam-macam tipe berdasarkan proses ekstrak kopinya. V60 ini termasuk dalam kategori pour over, yaitu penyeduhan dengan mengalirkan air panas pada bubuk kopi di atas filter.

Metode ini mampu memunculkan kompleksitas citarasa kopi secara maksimal, sehingga aroma tembakau, mocha, dan brown sugar serta rasa manis pada Kopi Robusta Temanggung bisa Anda nikmati sensasinya berlarian di mulut Anda.

MOKAPOT
Dahulu metode seduh dengan menggunakan mokapot sangat populer di Eropa sebagai pembuat espresso rumahan. Namun, seiring perkembangan mesin seduh kopi, alat ini jadi kurang diminati karena rasa yang dihasilkannya gosong dan terlalu pahit.

Sebenarnya, ada beberapa tips menyeduh dengan moka pot agar rasa yang terlalu pahit tersebut bisa hilang dan menghasilkan minuman yang enak.

Tips pertama yang diperhatikan adalah bubuk kopi yang digunakan. Idealnya, moka pot coffee menggunakan grind size medium hingga coarse (kasar). Bubuk yang semakin halus akan membuat rasa pahit pada kopi semakin kuat. Karena itu, gunakan gilingan ukuran kasar untuk mengurangi rasa pahit yang berlebih.

Berikutnya adalah tidak melakukan tampering atau memadatkan bubuk kopi di filter. Pada mesin espresso, tampering adalah hal yang wajib dilakukan agar ekstraksi maksimal dan hasil kopinya tidak terlalu encer. Sementara pada moka pot espresso, ekstraksi berlangsung lama. Jadi apabila flow air tidak lancar, rasa espresso akan semakin pahit.

COLD BREW
Tak selamanya kopi diseduh menggunakan air mendidih. Metode cold brew justru menggunakan air dingin (suhu ruang) dengan memperpanjang waktu penyeduhan hingga 12 jam. Cold Brew biasanya menggunakan grinding size yang lebih kasar.

Metode seduh ini tidak menghasilkan bitter karena kandungan acids dan minyak tak larut pada air dingin. Sementara molekul manisnya tetap larut di air dingin. Sehingga menghasilkan seduhan yang manis dan smooth. Cold brew cocok untuk Anda yang memiliki perut yang sensitif.

Jika Anda sedang mencari Biji Kopi Robusta Temanggung coba klik tautan di bawah ini
  1. Kopi Robusta Temanggung Biji Matang (Roasted Bean) via Tokopedia
  2. Kopi Robusta Temanggung Biji Matang (Roasted Bean) via Bukalapak
  3. Dripper V60, Kertas Filter dan Server via WA
  4. Mokapot via WA
  5. Vietnam Drip via WA

Share this: