Begini Cara Membuat Kopi Vietnam Yang Nikmat

ASAL MULA KOPI VIETNAM

Kopi Vietnam biasanya memiliki karakter kuat, pekat, sekaligus manis. Rasa yang pekat dan nikmat didapat dari campuran kopi yang di-roasting pada profile Dark-Roast dengan manis dan gurihnya susu kental manis.
Karakter rasa bitter pada kopi Vietnam didapat dari kopi robusta yang menjadi bahan utamanya, orang-orang Vietnam menggunakan kopi robusta karena memang hanya jenis kopi ini yang umum dibudidayakan di Vietnam. Sehingga di sana Arabika tidak digunakan dalam membuat kopi Vietnam.
Kopi Vietnam telah ada di Indonesia sejak puluhan tahun silam. Cara penyeduhan kopi ini biasanya menggunakan phin atau lebih dikenal dengan nama Vietnam Drip.
Cara kerja Vietnam Drip adalah dengan menuangkan air panas ke dalam phin yang sudah berisi bubuk kopi Robusta. Kemudian air dibiarkan menetes melewati saringan dan berkumpul di dasar gelas. Dalam gelas telah menunggu susu kental manis. Kopi yang dihasilkan jadi lebih pekat dan kental.
 
TIPS SEBELUM MEMBUAT KOPI VIETNAM

Untuk menikmati kopi Vietnam Anda tak lagi perlu pergi ke kedai kopi. Kini Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Simak tips membuat Kopi Vietnam di bawah ini:
Pertama, gunakan biji kopi robusta Temanggung. Robusta Temanggung memiliki karakter bold body, Mocha flavour dan caramelize brown sugar. Perpaduannya dengan susu kental manis menciptakan citarasa kopi yang luar biasa nikmat dengan rasa mocha yang amat kentara.
 Kedua, gunakan biji kopi yang digiling kasar, gilingan kasar ini cocok untuk seduhan dengan Vietnam drip.
Ketiga, pastikan takaran bubuk kopi yang anda gunakan sudah pas, biasanya sekitar 20-22 gram (2 sednok makan). Takaran bubuk kopi ini menjadi penting karena jika tidak pas maka hasilnya tentu saja jadi kurang nendang.
Keempat, tuangkan susu kental manis ke dalam gelas, Anda sangat dianjurkan untuk menggunakan susu kental manis untuk memperoleh rasa kopi Vietnam yang nikmat.

Jika Ingin membeli Kopi Robusta Temanggung silakan klik tautan ini:
  1. Beli Kopi Robusta Temanggung via Tokopedia 
  2. Beli Kopi Robusta Temanggung via Bukalapak
  3. Beli Vietnam Drip/Phin via WA

BEGINI CARA MEMBUAT KOPI VIETNAM YANG NIKMAT

Setelah semua alat dan bahan tersedia, Anda bisa mengikuti langkah-langkah ini untuk membuat kopi Vietnam yang nikmat.
  1. Letakkan phin atau Vietnam Drip di atas gelas atau mug.
  2. Tuangkan dua sendok kopi Robusta Temanggung, ratakan menggunakan alat penekan.
  3. Tuang air panas pendidih sekitar 45-50 ml liter ke dalam phin
  4. Biarkan air turun setetes demi setetes dalam bentuk, hirup aroma yang akan memanjakan indera penciuman saat Anda menyeduh.
  5. Setelah itu tambahkan 20-30 ml air panas ke dalam phin untuk memenuhi gelas.
  6. Tambahkan susu kental manis ke dalam gelas berisi kopi, orang biasanya menambahkan 1 sendok susu kental manis, ada pula yang memenuhi setengah gelasnya dengan susu kental manis, setengah lagi dengan kopi. (Banyak juga yang menambahkan susu di gelas kosong sebelum tetesan kopi memenuhi gelas).
  7. Tambahkan es batu jika Anda lebih suka menikmatinya dalam keadaan dingin.

Share this: