5 Pemanis Kopi Yang Nikmat Sekaligus Menyehatkan

Gula pasir sebenarnya merupakan pemanis paling populer, termasuk untuk menemani secangkir kopi. Namun, risiko kesehatan yang membayanginya membuat banyak orang takut menambahkan jenis pemanis ini pada minuman mereka.

Maka, tak heran jika idiom "Jangan ada gula diantara kita" kemudian populer di kalangan para penikmat kopi.  Tapi, masalahnya tak semua orang terbiasa menikmati kopi tanpa pemanis. Nah, bagi Anda pencinta kopi manis sekaligus peduli terhadap kesehatan, lima pemanis ini layak Anda coba.

PERTAMA, MADU
Sumber: Shopevoo.com
 Madu dikenal sebagai makanan super, sudah pasti sehat karena mengandung banyak nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Menambahkan beberapa sendok madu dalam cangkir kopi akan menambah rasa nikmat yang khas sekaligus sehat.
Madu sebagai pemanis kopi telah lama populer. Latte Spanyol sering terdiri dari campuran madu, susu, dan kopi espresso.
Anda bisa membeli madu di tautan ini: Madu Trigona di Bukalapak

KEDUA, GULA SEMUT (BROWN SUGAR)
Sumber: rumahmesin.com
Gula semut biasanya dibuat dari nira aren dengan metode tertentu sehingga menghasilkan kristal-kristal halus mirip gula pasir. Menambahkan beberapa sendok gula semut ke dalam seduhan kopi akan menambah cita rasa nikmat dan gurih.
Anda bisa membeli gula semut di tautan ini: Gula Semut Aren Organik di Bukalapak

KETIGA, GULA SINGKONG
Sumber: coffeeland.co.id
 Benar, Anda tidak salah baca. Gula singkong adalah gula yang berasal dari umbi singkong. Memiliki karakter rasa sangat manis, sehingga penambahan sedikit saja pada secangkir kopi sudah bisa membuat kopi Anda menjadi semakin nikmat. Uniknya, gula singkong cenderung tidak 'merusak' karakter asli kopi seduhan Anda.
Anda bisa membeli gula singkong di sini: Gula Singkong Cair via WA

KEEMPAT, BUBUK COKLAT
Sumber: informazone.com
Bubuk coklat organik, tentu saja yang tanpa pemanis, memiliki kandungan kaya protein serta potassium. Bubuk coklat juga memiliki banyak kandungan nutrisi bagi tubuh. Nah, daripada ditambah gula pasir atau kental manis, tentu saja bubuk coklat organik jauh lebih menyehatkan.

KELIMA, SIRUP AREN
Sumber: Endeus.tv
Jika di luar negeri populer dengan sirup maple, Indonesia sebenarnya punya padanan yang pas, Sirup Aren. Diolah dari nira pohon aren dengan metode khusus, sehingga dihasilkan cairan kental berwarna coklat dengan citarasa manis nan gurih. Tentu saja cocok jika ditambahkan kedalam cangkir kopi Anda.
Anda bisa membeli Sirup Aren di sini: Sirup Aren via WA

Share this: