Temanggung Tak Hanya Punya Kopi Aroma Tembakau

Penulis: Liyani Setiarum
 
Sumber: thejakartapost.com

 Setidaknya ada dua kata yang melekat dengan Kabupaten Temanggung, Tembakau dan Kopi. Temanggung dikenal sebagai penghasil tembakau premium, harganya bisa melangit, kualitas kelas atas. Sementara kopi temanggung perlahan tapi pasti mulai menyeruak ke kancah nasional, kopi temanggung bahkan mampu mencuri perhatian dunia berkat keunikannya. Kopi Temanggung dikenal menyimpan aroma tembakau, karakter yang tidak dimiliki oleh kopi dari daerah mana pun.


Kopi beraroma tembakau hanya salah satu dari sekian karakter kopi negeri tembakau. Secara geografis, Temanggung memang diapit oleh banyak gunung yang menjulang, tiga diantaranya menjadi produsen Kopi Arabika berkualitas tinggi.

Lalu, apa yang menarik dan spesial dari kopi Arabika Temanggung ini? Tiga gunung ini, Gunung Sumbing, Gunung Prau, serta Gunung Sindoro nyatanya menghasilkan karakter kopi yang sama sekali berbeda walaupun letaknya berdekatan.

Gunung Sumbing misalnya, ia menghasilkan cita rasa dominan citrus, hingga tak heran jika kopi jenis ini punya acidity yang cukup tinggi. Penyuka kopi dengan cita rasa asam dan body yang light dapat memilih Arabika Sumbing sebagai teman di waktu santai.

Sindoro beda lagi, Gunung satu ini sepertinya enggan lepas dengan image kota tembakau yang disandang oleh Temanggung, Gunung Sindoro memilih untuk menghasilkan kopi beraroma tembakau yang cukup kental. Ia punya tingkat acidity yang lebih rendah daripada Arabika Sumbing.

Last but not least, Gunung Prau, sesapan pertama pada seduhan Arabika Prau menghadirkan kesan rasa gula aren (brown sugar) yang kental dan manis, bold body untuk ukuran kopi arabika, serta tingkat keasaman rendah (light acidity). Anda yang tak terlalu suka kopi dengan pemanis, namun tak begitu nyaman dengan rasa asam khas kopi arabika, Arabika Prau tampaknya harus menjadi pilihan Anda.


Nah, semoga bisa menjadi panduan singkat untuk memilih Kopi Arabika Temanggung yang sesuai dengan permintaan lidah Anda. Selamat ngopi!



Beli Kopi Arabika Prau via Tokopedia
Beli Kopi Arabika Sumbing via Tokopedia
Beli Kopi Arabika Sindoro via Tokopedia

Share this: