Ukuran Gilingan kopi menentukan Citarasa kopi yang dihasilkan

Ukuran Gilingan kopi menentukan Citarasa kopi yang dihasilkan, karena keberhasilan seduhan juga ditentukan oleh salahsatunya adalah faktor gilingan kopinya ( Grind Size ).

Aneka Jenis Metode Seduhan Kopi

Setidaknya ada sekitar Tujuh ukuran Grind Size yang biasa digunakan untuk melakukan proses penyeduhan kopi, atau lebih dikenal dengan istilah manual brew.

1. Extra Coarse / Bubuk kasar; jadi ukuran bubuk kopinya sangat kasar dan butiran besar. biasanya digunakan untuk metode seduh seperti Cold brew Coffee dan Cowboy Coffee. Cold Brew coffee menggunakan gilingan ini dikarenakan proses ekstraksi untuk metode ini memerlukan waktu yang lama, biasanya antara 8-12 jam, supaya dalam penyeduhan tidak terlalu over extracted, maka pilihan bubuk kopinya dipilih yang bubuk kasar

2. Coarse / Bubuk agak kasar; butiran besar namun lebih kecil dari Extra Coarse. penggunaannya untuk seduhan menggunakan Frenchpress, Percolator dan coffee cupping.

3. Medium Coarse / Bubuk agak kasar lebih halus; butirannya sudah mengecil namun masih terasa kasar bila diraba, biasanya bubuk seperti ini akan digunakan untuk menyeduh menggunakan Chemex, Clever Drip dan cafe solo brewer.

4. Medium / bubuk halus sedang; sudah bubuk kecil merata dan biasanya ini mayoritas jenis bubuk yang biasa digunakan para penjual kopi single origin ketika mengemas kopi bubuk;  karena lebih banyak kemungkinan aneka seduhan yang bisa dibuat, seperti Pour Over Brew, Flatbottom Brew, syphon dan aeropress dengan waktu standart seduhan +/- 3 menit.

5. Medium Fine / bubuk halus; seperti juga pada penggunaan no 4 jenis bubuk kopi ini bisa dipakai untuk melakukan seduhan menggunakan pour over brewing dan aeropress dengan waktu seduh antara 2-3 menit.

6. fine / bubuk lebih halus, biasa untuk digunakan metode seduhan manual untuk espresso seperti menggunakan manual espresso tools, Mokapot dan juga Aeropress dengan 1 menit waktu seduhan, bila diperhatikan untuk Aeropress bisa menggunakan 3 jenis level kehalusan bubuk kopinya, sesuai selera dan pilihan metode yang dipakai.

7. Extra fine / bubuk sangat halus; biasanya bubuk ini bisa ditemui ketika kita meminta bubuk kopi di penggilingan dengan disain saringan untuk bubuk terbatas, sehingga hasilnya seperti bubuk tepung, sangat halus, dan di Indonesia bubuk seperti ini lazim beredar di kopi sachet ataupun kopi-kopi kampung yang biasa diseduh dengan campuran gula langsung dan diberi jargon Kopi Nasgitel ( Panas, Legi tur Kenthel ), salahsatu metode unggulan untuk bubuk ini yaitu menyeduhnya dengan metode Turkish Coffee.

dari beberapa jenis ukuran gilingan itu bisa disesuaikan dengan selera juga dengan stok kopi yang akan kita giling, sehingga citarasa asli kopi yang kita miliki akan optimal keluar saat diseduh.

selamat mencoba dan ngopi..

Komentar

Postingan Populer