Kopi Arabica Wonotirto Temanggung, Masuk Nominasi Juara pada Kontes Kopi di SCAA Expo 2016 USA

Kabar menggembirakan datang dari helatan SCAA (Speciality Coffee Association of America) Expo di Atlanta Amerika Serikat pada tanggal, 14 - 17 April 2016.

Ajang kejuaraan cita rasa kopi yang pertama kali diikuti oleh Ayi adalah Jakarta International Expo pada Nopember 2015, dimana pada event tersebut Kopi milik Ayi berhasil meraih nilai terbaik 1 (85,3) dan terbaik ke 2 (83,5). Dari hasil kejuaraan tersebut mulailah Kopi milik Ayi dikenal secara dikalangan pencinta kopi.
Selanjutnya sekitar awal tahun 2016 pihak Kementerian Perdagangan RI yang di didukung oleh  Caswells Coffeeyaitu lembaga penjamin mutu produk kopi dengan sertifikat standar Specialty Coffee Association of America (SCAA), menyeleksi kualitas produk kopi dari berbagai daerah di Indonesia yaitu sebanyak 74 sampel kopi, yang hasilnya nanti akan  diikutkan dalam Specialty Coffee Association of America (SCAA) Expo 2016 Tanggal 14-17 April 2016 di Atlanta, Georgia, Amerika Serikat (AS). 
Dari 74 sample tersebut telah terpilih 20 besar sample dengan skor teratas akan dipergunakan di beberapa aktivitas di paviriun Indonesia dan Standar Specialty Coffee Association of America (SCAA) 2016, yaitu kopi: 1. Gunung Puntang; 2. Mekar Wangi; 3. Manggarai; 4. Malabar Honey; 5. Atulintang; 6. Toraja Sapan, 7. Bluemoon Organic, 8. Gayo Organic, 9. Java Cibeber, 10. Kopi Catur Washed; 11. West Java Pasundan Honey, 12. 12. Pantan Raya; 13. Arabica Specialty Gayo; 14. Arabica Toraja, 15. Golawa; 16. Redelong; 17. Andungsari; 18. Ende; 19. Kopi Catur Hinay; 20. Temanggung

"Kopi terbaik Indonesia ini akan menjadi sorotan utama dari lebih dari 12 ribu pengunjung SCAA Expo 2016. Dalam acara ini, Indonesia dinobatkan sebagai portrait country (PC)," tutur Menteri Perdagangan, Thomas Lembong, pada konferensi pers di Jakarta, Jumat (8/4).
"Sebagai PC, Indonesia akan memantapkan branding sebagai pemilik kopi terbaik di dunia yang lolos seleksi standar tinggi yang ditetapkan SCAA. Tidak semua negara mendapatkan kesempatan ini, karena hanya negara penghasil kopi (grower) yang bisa menjadi PC," tegasnya.
Sumber : Humas Kementerian Perdagangan.


Komentar

  1. Mesin kopi eropa untuk membuat kopi ternikmat kini hadir di indonesia, silahkan klik Mesin Kopi Eopa Ternikmat. salam sukses. :)

    BalasHapus
  2. Masih belum banyak petani kopi yang mengolah kopinya menjadi kopi speciality,maupun sesuai SNI. Semoga bukan sekedar perolehan gelar kejuaraan di kontes kopi semata,tapi dapat bermanfaat untuk kemajuan perkopian Indonesia khususnya di Temanggung.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer