Arabika Wine Temanggung

Tahun ini produk Kopi Temanggung yang sedang menjadi primadona adalah Wine Processing, baik arabika maupun robusta, namun Arabika Wine Temanggung mendapat tempat tersendiri dihati para penikmatnya.

Konsumen awam menerka bahwa nama arabika wine dikarenakan proses menggunakan campuran minuman wine, yang lalu mempertanyakan terkait halal tidaknya produk ini, namun perlu dijelaskan di sini bahwa wine dalam terminologi kopi adalah salahsatu proses paska panen saja, selain kita mengenal istilah Natural Proses, Honey Process, Wash Process, maka sekarang ada yang disebut Wine Process.

Seperti apa wine prosesing untuk kopi arabika Temanggung? ada beberapa metode yang digunakan oleh petani dan pemproses kopi di Temanggung ketika membuat arabika wine, proses umum yang digunakan bisa disarikan sebagai berikut :

1. Menyiapkan ceri kopi berkualitas, 100% petik merah sempurna dan dicuci bersih.
2. Lakukan perambangan, dengan merendam ceri kopi untuk memilah kopi yang mengambang dan yang tenggelam, yang tenggelamlah yang akan dilanjutkan prosesnya ke tahapan selanjutnya.
3. Fermentasi kopi, ceri yang sudah dipilah tadi difermentasi dengan cara dibungkus plastik kedap udara, dengan periode fermentasi 5 hari difermentasi, lalu jemur 2-3 jam dan dipermentasi kembali selama 5 hari dan dilakukan selama kurang lebih 15-20 hari tergantung ketebalan lapisan honey pada ceri kopi, karena ini yang membantu proses fermentasi wine menjadi lebih sempurna.
4. berikutnya tahan pengeringan bila sudah melewati tahap ke-3.
5. selanjutnya glondong ( ceri kopi yang sudah dijemur kering ) di huller atau dislep untuk menghasilkan green bean.
6. proses roastery.

Tahun ini rumah kopi temanggung mendapatkan supply yang lumayan banyak untuk memenuhi permintaan pelanggan, bagi yang penasaran bisa berkunjung ke toko kami di tokopedia, yang beramat di https://www.tokopedia.com/rumahkopitemanggung dan sila memilih produk yang diinginkan untuk dipesan.

Tampilan Produk Arabika Wine Rumah Kopi Temanggung

selamat berbelanja dan selamat menikmati kopi Temanggung.

Komentar

Postingan Populer