Menyingkap Rahasia 'Roasting Dates' di Kemasan Kopi

Selamat datang di era Kopi Gelombang Ketiga (Third Wave Coffee), di era ini para peminum kopi menjadi lebih tertarik terhadap kopi yang mereka minum, secara detail. Fenomena itu direspons oleh produsen dan pemain kopi dengan menyediakan segamblang mungkin identitas kopi yang mereka jual.  Salah satu info yang hampir selalu dicantumkan pada kemasan kopi adalah "Roasting Dates". Namun, benarkah tanggal roasting begitu penting dan apa saja yang bisa kita gali dari tanggal kramat itu?


Tanggal Roasting Bukan Segalanya
Satu hal yang pasti, tanggal roasting bukan jaminan kopi yang Anda beli pasti enak. Saat memilih kopi yang ingin Anda beli tentu saja Anda akan cendrung mengambil yang paling fresh. Tapi tanggal roasting tak memberi jaminan apa-apa, ia tak berbanding lurus dengan kualitas kopi di dalam kemasannya.

Apa Arti Kopi Fresh yang Sebenarnya?
Banyak diantara pembeli kami meminta kopi yang baru di-roasting pada hari yang sama, mereka ingin kopi yang mereka beli benar-benar fresh. Beberapa dari mereka bahkan menolak kopi yang telah kami kemas karena telah berusia 4-7 hari. Menurut mereka kopi yang baik tak lebih dari 24 jam setelah roasting, atau paling lama 3 hari. Setelah itu tak lagi segar.

Tanggal Roasting Ideal?
Begini cara memilih tanggal roasting yang ideal, Anda harus memastikan kopi yang Anda beli akan habis selama seminggu, jangan menyimpan lebih lama. Nah, sebaiknya Anda memilih kopi yang telah di-roasting 3-5 hari yang lalu, untuk memberi waktu roasted bean melewati proses degassing.
Menurut pengalaman banyak pencinta kopi, rentang waktu 8-21 hari sejak tanggal roasting adalah yang paling ideal.

Lebih Fresh, Tak Selalu Lebih Baik
Tentu saja anggapan lebih fresh adalah lebih baik tak sepenuhnya salah. Pemahaman ini muncul karena kesalahpahaman. Mulanya, roastery mencantumkan roasting dates alih-alih tanggal kedaluarsa (expired dates). Namun, lama-lama tertanam di benak pembeli semakin fresh semakin baik.

Padahal faktanya tak selalu seperti itu, kami pernah menemukan kopi yang telah diroasting sebulan yang lalu, namun rasanya tak ada bedanya dengan dua minggu sebelumnya. Terkadang kami juga mendapati kopi yang telah berubah rasa dan menurun kualitasnya sebelum dua minggu. Maka ukuran waktu tak bisa menjadi patokan yang ajeg. Banyak sekali faktor yang turut mempengaruhi kualitas kopi.

Mengapa hal itu bisa terjadi? Nah, jika membicarakan kopi maka mau tak mau kita harus mengikutsertakan hal-hal lain yang menyertai perjalanan biji kopi hingga masuk kemasan. Salah satunya faktor Roastery, penentuan profile roasting, metode roasting,  itulah yang membuat kopi menarik, ia unik, nyaris tak ada yang identik. Beberapa kopi dengan gaya panggang tertentu memungkinkan kopi tetap enak dikonsumsi pada 14 hingga 30 hari dari tanggal roasting. Yang lain mungkin bisa lebih pendek atau lebih panjang umurnya. Sehingga sangat sulit untuk mengklaim kopi melampaui tanggal penggunaannya atau terlalu segar sampai Anda benar-benar mencicipi rasanya.

Jika ragu, tanyakan pada barista atau roaster Anda. Mereka akan selalu memberi Anda saran terbaik tentang kopi tertentu.

Ada yang masih ingin Anda tanyakan?
Mencari Robusta Temanggung Fresh Roasted?
Klik WA
wa.me/6282220040944

Share this: