Tips Mudah Menyimpan Kopi di Rumah

Sore ini Kopi yang Anda pesan online baru saja Anda cicipi, Kopi terasa enak dan fresh, maklum kopi ini baru beberapa hari yang lalu di-roasting. Kopi memang terasa paling enak saat fresh seperti ini. Tapi, bagaimana agar kopi tersebut dapat bertahan seperti itu?

Mengapa Penyimpanan Kopi Begitu Penting?
Tak hanya sayuran, keju, atau makanan favorit Anda saja yang harus disimpan dengan baik untuk menjaga kesegarannya. Kopi juga butuh perlakukan khusus, agar aroma dan rasanya tak banyak berubah.

Sama seperti bahan makanan dan minuman lain, kopi dapat menjadi basi seiring waktu. Semakin sering teroksidasi maka semakin cepat kopi menjadi rusak. Aroma hilang, bahkan berganti. Rasa tak lagi nikmat. Rasa dan aroma inilah yang membuat kopi enak. Jadi, ketika keduanya berkurang karena terpapar oksigen, Anda hanya akan menemukan secangkir kopi tak beraroma dan lesu. Namun, ketika disimpan dengan benar, Anda bisa memperpanjang usia penyimpanan.

Cara Menyimpan Kopi di Rumah
Setidaknya ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesegaran kopi di rumah.

1. Periksa Tanggal Roasting
Anda tentu tak ingin membeli kopi yang sudah expired. Jadi pastikan kopi yang Anda beli di-roasting tak lebih dari 14 hari. Kopi cenderung kehilangan aroma dari waktu ke waktu, maka semakin fresh kopi yang Anda miliki, semakin baik.
Namun Anda perlu ingat, kopi membutuhkan waktu untuk proses resting dan degassing. Anda paling tidak harus menyimpan selama 7 hari untuk memberikan roasted bean cukup waktu hingga siap untuk diseduh.
Selama proses pemanggangan, berbagai gas terbentuk dalam bean kopi, termasuk salah satunya karbondioksida. Gas karbondioksida ini akan terus dilepaskan setelah proses roasting, proses inilah yang disebut degassing.
Jika Anda ingin menyeduh menggunakan filter, Anda bisa menyeduh kopi beberapa hari setelah di-roasting. Jika Anda berencana membuat secangkir espresso, maka disarankan untuk menunggu setidaknya tujuh hari setelah tanggal roasting.
Jika Anda ingin menikmati rasa terbaik dari secangkir kopi, jangan biarkan kopi Anda melewati 30 hari sejak tanggal roasting. 


2. Kurangi Paparan Oksigen
Kontak dengan udara, khususnya dengan oksigen, akan membuat kopi basi lebih cepat. Jadi, mengurangi kontak dengan udara adalah cara terbaik menyimpan kopi.
Salah satu cara yang bisa Anda gunakan adalah dengan tetap menyimpan di kemasan bawaannya.
"Saya biasanya menyimpan kopi dalam kemasan bawaannya jika ia memiliki ziplock, jika tidak saya akan memindahkan ke wadah lain," kata Nisan Aga, Juara Turki barista 2016, 2017, dan 2019.
Ziplock akan mencegah oksigen memasuki kemasan. Jika Anda menyimpan kopi di kemasan bawaan yang memiliki ziplock pastikan udara dalam kemasan sudah Anda keluargan. Dengan cara ini, kontak udara dengan kopi dapat dikurangi. Selain itu, pastikan tempat penyimpanan tak terkena cahaya matahari secara langsung.

3. Simpan Kopi Anda di Tempat yang Tepat
Kelembaban, cahaya, dan panas semuanya berkontribusi membuat kopi basi. Jadi, kopi perlu disimpan di tempat yang sejuk, kering, dan gelap.

4. Beli dalam Jumlah Sedikit & Giling Sendiri
Membeli dengan jumlah yang tak berlebihan untuk memastikan Anda tak membutuhkan penyimpanan dalam waktu lama. Sementara bean utuh jauh lebih baik dibanding kopi bubuk. Penggilingan memperluas permukaan biji, dan mempercepat reaksi oksidasi, sehingga kesegaran kopi lebih cepat berkurang.


Jika Anda mencari kopi fresh roasted Kunjungi toko kami di Tokopedia

Share this: