Kopi Stlerep Purwosari Temanggung


Stlerep itu nama sebuah perbukitan di wilayah Temanggung tepatnya di Kecamatan Wonoboyo. Kopi Stlerep merk ini milik Supriyono, Gelangan Gunung Purwosari. Kopi Temanggung Stlerep ada arabika dan robusta, milik sendiri dan petani sekitar lereng Stlerep.
Supriyono menanam kopi sudah lama bahkan, ada kebunnya yang sudah 9 tahun tidak memakai pupuk kimia. Dia mengolah kopinya ada yang olah basah dan natural, proses sortasi manual tetap dilakukannya.

Olahan kopi jadi berupa bubuk arabika dan robusta, produk andalannya adalah kopi lanang. Tidak hanya itu Supriyono juga memproduksi kopi bubuk luwak. Kopi luwak ini dihasilkan dari luwak piaraan. Ketika penulis datang dirumahnya terlihat Supriyono sedang memandikan luwak kecilnya.

Masuk ruang tamu, terlihat biji - biji kopi yang sudah disortasi dan dikemas dalam plastik 1kg, hingga 5kg. Biji kopi mentah tersebut juga dijualnya ketika ada orang yang mau beli. Terlihat daftar harga kopi seduh per cup diatas meja, artinya orang datang kesitu minum dan membayarnya. Harga yang ditawarkan tidak mahal bagi kalangan penikmat kopi.

Bagi yang penasaran dengan produk dan mau menikmati silakan datang melihat indahnya pemandangan Desa Purwosari. Kopi Temanggung banyak cerita akan didapatkan dari Supriyono dan Stlerepnya.


Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer