Belajar Sangrai Kopi Dengan Manuel Diaz P

Jakarta 2- 4 November 2015 merupakan suatu kehormatan bagi saya dan mas Ardhi Wiji Utomo, karena mendapat kepercayaan dari Kementerian Perindustrian untuk mengikuti kelas roasting kopi. Bukan sembarangan kelas roasting kali ini, karena narasumber yang datang Manuel Diaz P, ONA Consulting, Mexico.

Seorang yang ingin belajar atau ingin jadi roaster atau tukang sangrai kopi yang baik harus mengenal awal tentang kopi yaitu dari budidaya kopi. Mereka harus mengenali kopi ditanam dimana pada ketinggian berapa, dengan jenis kopi apa. Budidaya ini kita jadi paham tanaman pendamping kopi apa dan peneduh kopi apa.

Tentunya dengan mengenal semacam itu kita akan jadi tahu, ketika nanti diproses selanjutnya. Paska panen kopi atau proses kopi itu mulai dari alami, fermentasi dan honey,ini akan memunculkan aramo berbeda. Mungkin ini saya menyebutkan mengenal asal usul kopi dari situ kita akan kita mengenali karakter kopi.

Setelah kita mengenali karakter kopi, lalu profil apa yang akan kita keluarkan itu sudah bermain pada metode roasting/sangrai. Metode ini cepat,lambat, dan tengah itulah mempengaruhi dari munculnya aroma, taste,textur kopi. Semakin banyak berlatih jelas akan semakin paham mengenali karakter kopi.

Pelajaran kemarin tidak hanya teori, justru prakteknya banyak sekali. Karena setiap peserta yang dari beberapa wilayah Indonesia membawa kopi dari wilayahnya masing-masing tak kecuali kopi Temanggung. Kopi Temanggung yang dibawa untuk Mukidi arabika dan robusta, sedangkan Ardhi sang pemilik warung kopi sigandul luwak membawa kopi luwak arabika.

Sebelum praktek ada kunci atau intinya teknik apa yang digunakan dalam raosting berikutnya yaitu mengenal kadar air dan mengukur berat kopinya. Kopi Temanggung ikut dalam demo roasting yang berlokasi di Kopiku Indonesia.

Dalam class roasting ini banyak ketemu dengan orang-orang hebat, mulai dari penyuluh pertanian, teman-teman SCAI, orang orang yang produksi kopi bubuk. Dan tak lupa kami ucapkan banyak kepada Kementerian Perindustrian Republik Indonesia yang telah memberikan kepercayaan kepada Kami untuk ikut kegiatan kelas roasting ini.

Komentar

Postingan Populer