Siklus Empat Tahunan Kopi Robusta Temanggung

Siklus Empat Tahunan Kopi Robusta Temanggung, Robusta Temanggung merupakan Komoditas utama di Temanggung mengungguli produktifitas Kopi Arabika terutama Excelsa.

Namun tahun ini diprediksi panen Robusta Temanggung akan berkurang dikarenakan pada saat musim berbunga tahun lalu mengalami kekeringan sehingga berpengaruh pada produksi kopi saat musim panen.

Pada beberapa lokasi, seperti Candiroto dan Gemawang sudah mulai panen kopi Robusta, dan diakui oleh petani kopi Temanggung kuantitas hasil kopi secara keseluruhan, baik Robusta maupun Arabika Temanggung mengalami penurunan, namun tidak begitu signifikan.

Namun ada berkah juga yang menghampiri petani kopi Temanggung, terutama untuk pemilik kebun Kopi Robusta, karena saat ini mengalami siklus empat tahunan.



Apakah itu Siklus tahunan? yaitu tahun ini saat biji kopi sudah mulai memerah siap panen, batang-batang kopi Robusta mulai bermunculan kembali bunga kopi yang artinya begitu musim panen ini usai akan disusul oleh panen kedua dari berkah siklus empat tahunan ini, namun juga dilanda was-was karena curah hujan sudah mulai tinggi pada awal bulan September ini.

Semoga saja panen kopi kali ini bisa membawa berkah petani kopi, dan Siklus empat tahunan Kopi Robusta Temanggungpun akan membawa berkah bagi petani.

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer