Robusta Temanggung kembali masuk Finalis Kontes Kopi Specialty 2017

Penyelenggaraan kali ini sudah memasuki tahun ke 9, dan Robusta Temanggung kembali masuk Finalis Kontes Kopi Specialty 2017 untuk kategori Robusta. 

Event ini sudah dimulai sejak tahun 2018, KKSI Pertama kali diselenggarakan AEKI tahun 2008 sebagai program untuk pemantapan dan pengembangan produksi kopi spesialti. Pencananangan The 1st Indonesia Specialty Coffee Contest 2008 di tandatangani oleh Menteri Perindustrian RI, Bapak Fahmi Idris.


Tujuan KKSI adalah inventarisasi karakteristik mutu fisik dan citarasa kopi spesialti dari seluruh Indonesia; Memilih kopi spesialti dari seluruh Indonesia hasil panen tahun kontes kopi berlangsung yang memiliki mutu fisik dan citarasa terbaik; Mendukung pemantapan dan pengembangan produksi kopi spesialti di Indonesia untuk pasar ekspor dan pasar domestik. Mendorong lahirnya kopi-kopi spesialti yang berkualitas dan bercitarasa baik agar dapat terus mempertahankan citarasanya; dan dapat meningkatkan nilai jual kopi Indonesia didalam dan mancanegara.


Kopi Robusta Temanggung yang masuk Finalis bersama dengan 13 Finalis lain dari berbagai Wilayah ini, berikut ini yang masuk finalis dari Robusta Temanggung.
1. Deddy Yono Farahman, Maluwih RT 01/05 Gesing Kec. Kandangan Kab. Temanggung
2. Ds. Gunung Payung RT 10/02 Kec. Candiroto Temanggung
3. Kopi Temanggung, Ds. Gunung Payung RT 10/02 Kec. Candiroto Temanggung
Ada Tiga finalis yang masuk dan 2 diantaranya diajukan dari satu wilayah yang sama, untuk tahun ini kopi Arabika Temanggung tidak diikutsertakan dikarenakan keterbatasan stok, seperti yang sama-sama diketahui, produksi kopi arabika temanggung tahun 2017 ini turun hingga 70% dan penurunan produktifitas kopi sejatinya juga terjadi di daerah lain.

Semoga siapapun nanti yang juara di Kontes Kopi Specialty Indonesia tahun 2017 di Bali, akan semakin mengangkat pamor kopi Nusantara.

Bravo kopi temanggung, Bravo kopi Indonesia.

Komentar

Postingan Populer