Cara Mudah Membuat Kopi Cold Brew di Rumah


Sumber: enjoyjava.com
Anda mau coba membuat sendiri kopi seduh dingin (cold brew coffee)?  Metode seduh yang kekinian ini ternyata bisa dengan mudah dibuat di rumah. Di bawah ini ada panduan gampang membuat cold brew coffee, termasuk rasio, keuntungan, dan beberapa tips yang bisa Anda gunakan.

Di kafe-kafe, harga segelas atau sebotol cold brew coffee, biasanya lebih mahal daripada segelas es kopi. Hal ini bisa disebabkan lamanya waktu untuk membuat cold brew coffee. Tak sekadar ikut-ikutan trend, cold brew coffee ternyata memang menarik untuk diikuti.

Meski harganya lebih mahal daripada es kopi, ternyata membuatnya tidaklah sulit. Jadi sebenarnya Anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

Satu-satunya pengorbanan yang Anda butuhkan hanyalah waktu, Anda membutuhkan setidaknya 12 sampai 24 jam untuk membuat cold brew coffee.

Sumber: enjoyjava.com
Kabar baik lainnya, Anda sama sekali tak memerlukan alat khusus, semua bisa dibuat dengan alat-alat yang ada di dapur Anda.

Resep Membuat Cold Brew Coffee

1. Siapkan toples kaca atau alat seduh kopi French Press, masukkan bubuk kasar kopi dengan perbandingan 1:4 atau 1:5. 1 bagian bubuk kopi dengan 4 atau 5 bagian air. Jangan lupa gunakan air dingin (suhu ruang).
2. Tuangkan air keseluruh permukaan bubuk kopi.
3. Tutup permukaan toples menggunakan plastik tipis untuk memastikan tak ada serangga yang dapat masuk kedalamnya. Masukkan ke dalam lemari es, diamkan selama 12-24 jam.
4. Saring Cold Brew Coffee untuk memisahkan bubuk kopi dengan konsentrat kopi yang dihasilkan. pastikan saringan yang Anda gunakan cukup bersih, kerapatannya cukup dan tidak berbau.
5. Taruh konsentrat ke dalam wadah bersih, lebih baik botol kaca.
6. Nikmati Cold Brew Coffee dengan menambahkan air mineral atau susu segar dengan perbandingan 1:1.

Sumber: enjoyjava.com
Tips Membuat Cold Brew Coffee

1. Pilih kopi yang tepat, kami menganjurkan Anda untuk memilih kopi yang memiliki karakter manis, Anda bisa mencoba Kopi Arabika Temanggung Honey atau Kopi Arabika Wine. Untuk membuat es kopi sebaiknya Anda menggunakan Kopi Robusta Temanggung Natural atau Kopi Robusta Temanggung Wine.

2. Gunakan bubuk kasar (coarse), ini mempermudah Anda saat melakukan penyaringan. Tapi Anda tetap dapat menggunakan bubuk medium jika Anda suka.

3. Rasio, gunakan perbandingan 1:4 atau 1:5 jika Anda ingin membuat konsentrat kopi yang pekat. Namun, jika Anda suka Anda juga bisa mencoba perbandingan 1:7 dan 1:8.

Beli Robusta Temanggung Natural via Tokopedia
Beli Robusta Temanggung Wine via Tokopedia
Beli Arabika Temanggung Honey via Tokopedia
Beli Arabika Temanggung Wine via Tokopedia

Share this: