Ini 12 Perbedaan Kopi Robusta Dibanding Kopi Arabika

Kopi Arabika dan kopi Robusta menempati posisi teratas sebagai kopi paling populer, keduanya memiliki karakteristik yang berbeda. Inilah 12 perbedaan kopi Robusta jika dibandingkan dengan kopi Arabika.

  1. Robusta melakukan penyerbukan silang. Bunga robusta yang biasanya mekar di awal musim kemarau melakukan penyerbukan silang, sementara Arabika tidak.
  2. Lebih cepar dewasa. Hanya butuh waktu dua tahun bagi Robusta untuk mulai berbunga, Arabika lebih lama, ia mulai berbunga setelah berusia sekitar empat tahun.
  3. Kandungan kafein lebih tinggi. Kandungan kafein pada Robusta dua kali lipatnya Arabika.
  4. Karakter rasa yang berbeda. Robusta cenderung bitter, sementara Arabika dominan asam. Secara umum biasanya Robusta dikenali dengan karakter rasanya yang earthy, grainy,  ada sensasi rasa kayu terbakar, serta aftertaste yang nutty. Sementara arabika biasanya didominasi aroma dan rasa buah-buahan, sayur, dan rempah.
  5. Lebih tangguh. Tanaman robusta lebih tangguh, tahan suhu tinggi, dan lebih baik di bawah sinar matahari langsung. Karena kandungan kafein dan asam klorogenat yang lebih tinggi - robusta juga lebih tahan hama penyakit daripada arabika.
  6. Menghasilkan lebih banyak. Tanaman robusta menghasilkan lebih banyak kopi per hektar daripada arabika.  
  7. Biaya lebih murah. Robusta lebih tahan hama, buah matang lebih cepat, dan menghasilkan cherry lebih dari arabika. Faktor-faktor ini membuatnya lebih gampang dibudidayakan. Dengan karakter rasa yang cenderung tak terlalu disukai, membuat harganya jauh lebih murah. Beberapa brand ternama hanya menggunakan robusta sebagai campuran untuk kopi blend.
  8. Ukuran bean yang berbeda. Bean Robusta biasanya lebih kecil (meski tak selalu), lebih tebal dan lebih bulat dari biji arabika. Robusta juga sedikit lebih gelap saat mentah.
  9. Lebih muda. Robusta "ditemukan" sekitar 100 tahun setelah arabika, membuatnya lebih muda di pasar dunia.
  10. Daun lebih besar. Daun tanaman kopi robusta lebih besar dari tanaman arabika.
  11. Tumbuh di belahan bumi timur. Robusta banyak dibudidayakan di belahan bumi timur, sedangkan arabika banyak tumbuh di Amerika Selatan 
  12. Jumlah kromosom lebih sedikit. Robusta memiliki 22 kromosom, arabika memiliki 44.
Jadi, kamu #TimRobusta atau #TimArabika?  

Share this: